HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN RSUD KH. HAYYUNG KEPULAUAN SELAYAR TAHUN 2023

[Arya Ari Nugraha], [A.A.N.] and [S.1 Keperawatan], [2023] HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN RSUD KH. HAYYUNG KEPULAUAN SELAYAR TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan Panrita Husada. (In Press)

[thumbnail of ARYA ARI NUGRAHA_A.19.11.052_SELAYAR.pdf] Text
ARYA ARI NUGRAHA_A.19.11.052_SELAYAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
“Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan RSUD.
KH. Hayyung Kepulauan Selayar Tahun 2023”. Arya Ari Nugraha 1, Nurlina 2, Edison
Siringoringo3
Latar Belakang: Seiring dengan perkembangan keilmuan dalam bidang keperawatan,
maka praktik keperawatan pun turut berkembang yang membawa dampak besar bagi
profesi keperawatan yang menyebabkan meningkatnya tuntutan masyarakat atas kinerja
perawat. Perawat yang mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam memberikan
pelayanan keparawatan harus mampu memberikan andil dan tanggung jawab besar dalam
memberikan pelayanan yang berkualitas untuk menjamin kepuasan pasien. Komplain
pasien yang tidak puas jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan turunnya
kapabilitas pelayanan rumah sakit terhadap layanan dalam hal ini kepuasan pasien sangat
berpengaruh dalam menjaga mutu pelayanan di rumah sakit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan agar dapat menyadari pengaruh kinerja perawat terhadap
kepuasan pasien di ruang perawatan RSUD KH. Hayyung Kepulauan Selayar tahun 2023.
Metode penelitian: Adapun metode yang diaplikasikan adalah jenis penelitian kuantitatif
Survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisis data yang digunakan adalah
Fisher’s Exact Test. Populasi pada penelitian ini adalah sseluruh perawat dan pasien
sebanyak 3192 pada tahun 2022 di ruang perawatan RSUD KH. Hayyung Selayar adapun
. Sampel pada penellitian ini sebanyak 44 responden.
Hasil penelitian : menunjukkan bahwa persentase dari kepuasan pasien di ruang
perawatan, responden yang merasa puas 27 (61,4%) dan responden yang tidak puas 17
(38,8). Dari hasil uji Fisher’s didapatkan p-value 0,030.
Kesimpulan: Penelitian ini ada hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di
ruang perawatan RSUD KH Hayyung kepualauan selayar.
Kata kunci : Kepuasan pasien, Kinerja Perawat

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email ojs.server@stikespanritahusada.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:53
Last Modified: 28 Jul 2025 06:31
URI: http://repository.stikespanritahusada.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item