HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KH. HAYYUNG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

[ANDI ARDIANSYAH HASBI], [A.H] and [S1 Keperawatan], [2024] HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KH. HAYYUNG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Kesehatan Panrita Husada. (In Press)

[thumbnail of Andi Ardiansyah Hasbi_A.20.12.059.pdf] Text
Andi Ardiansyah Hasbi_A.20.12.059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Keberadaan pelayanan kesehatan sangat penting didirikan di setiap daerah sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan. Salah satu jenis fasilitas kesehatan yang harus mudah dijangkau oleh masyarakat adalah rumah sakit. Rumah Sakit wajib merancang, menerapkan, dan memelihara standar mutu pelayanan kesehatan yang melaksanakan kebijakan dan prosedur sesuai dengan standar profesi dan kode etik mampu memberikan kepuasan kepada seluruh pengguna layanan
kesehatan. Kepuasan pasien merupakan sebuah pandangan atau keadaan pasien setelah mengalami suatu tindakan pelayanan keperawatan yang di berikan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang perawatan RSUD KH. Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2024.
Metode penelitian: Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 47 sampel dan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu consecutive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square alternatif uji fisher.
Hasil penelitian: Hasil menunjukkan Mutu pelayanan keperawatan baik dengan kategori puas 40 responden (93.0%), serta kategori tidak puas 3 responden (7.0%). Kemudian mutu pelayanan keperawatan cukup baik dengan kategori puas 0 responden (0,0%), serta kategori tidak puas 4
responden (100.0%). Pada uji fisher didapatkan bahwa nilai ρ -Value 0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara Mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang perawatan RSUD KH. Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kata kunci: Mutu pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email ojs.server@stikespanritahusada.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:12
Last Modified: 11 Sep 2025 03:32
URI: http://repository.stikespanritahusada.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item